Logo Bicara Udara

Perjalanan Advokasi Kebijakan Udara Bersih

 

Inilah perjalanan Bicara Udara dan Momentum Kualitas Udara sejak tahun 2019 sampai di tahun 2023.

Dalam kurun 6 tahun terakhir banyak terjadi pasang surut perjalanan isu polusi udara untuk dianggap penting bagi banyak orang.

Dimulai dari tahun 2019 Jakarta pernah mendapat ranking no 1 kota paling berpolusi. Titik ini merupakan awal perjalanan momentum kualitas udara bermula dan kesadaran akan polusi udara mulai muncul.

Berbagai keresahan akibat polusi udara menggerakkan para founder kami untuk mendirikan Bicara Udara pada tahun 2021. Bicara Udara berusaha mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk mulai peduli dan membicarakan pentingnya hak mendapatkan udara bersih, secara simultan akan mengubah cara pandang bahkan arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah sebagai pemangku kepentingan bahwa udara bersih adalah hak hidup dasar di Indonesia.

Perjalanan advokasi udara bersih menemukan titik baliknya pada tahun 2023. Berangkat dari fenomena kualitas udara yang menunjukkan tren buruk, Bicara Udara berjejaring untuk mengadvokasikan permasalahan polusi udara kepada berbagai instansi pemerintah.

Bicara Udara bahkan tergabung menjadi Komite Penanggulangan Penyakit Respirasi dan Dampak Polusi Udara yang diinisiasi Kemenkes dan melakukan kerjasama dengan Pemkot Bogor untuk mendorong pengendalian pencemaran udara.

Semangat dalam menyuarakan udara bersih bagi kita semua akan terus kami gaungkan. Semoga ada tindak lanjut dari semua rencana perbaikan kualitas udara. Dukung terus udara bersih bagi kita semua!